China Temukan Tes Virus Covid19 dengan Hasil Hitungan Menit, Ekspor Alat tes Naik Hingga Ratusan Persen

- 10 Februari 2022, 08:50 WIB
ILUSTRASI tes virus corona yang dikembangkan China dalam hitungan menit
ILUSTRASI tes virus corona yang dikembangkan China dalam hitungan menit /pixabay

MEDIA TULUNGAGUNG - Ilmuwan di China mengembangkan tes virus yang memberikan hasil dalam hitungan menit.

Ilmuwan China mengatakan mereka telah mengembangkan tes virus corona baru yang seakurat tes laboratorium reaksi berantai polimerase (PCR) dan mampu memberikan hasil dalam waktu empat menit.

Tes PCR secara luas dianggap paling akurat dan sensitif untuk virus penyebab COVID-19, tetapi biasanya memakan waktu beberapa jam.

Baca Juga: Kasus Kecelakaan Tewaskan AKP Novandi Dihentikan, Begini Penjelasan Polda Metro Jaya

Beberapa negara telah mengalami backlog yang parah dalam menghadapi permintaan pengujian yang berat, didorong oleh penyebaran eksplosif dari varian omicron yang sangat mudah menular.

Para peneliti dari Universitas Fudan di Shanghai mengatakan mereka punya solusi.

Dalam artikel peer-review yang diterbitkan Senin di jurnal Nature Biomedical Engineering, tim mengatakan sensor mereka – yang menggunakan mikroelektronika untuk menganalisis materi genetik dari penyeka – dapat mengurangi kebutuhan tes laboratorium COVID-19 yang memakan waktu.

Baca Juga: China Peringatkan Amerika Serikat HIndari Lingkaran Setan, Ungkap Ketegangan Korea Utara

"Kami menerapkan biosensor elektromekanis untuk mendeteksi SARS-CoV-2 ke dalam perangkat prototipe terintegrasi dan portabel, dan menunjukkan bahwa itu terdeteksi (virus RNA) dalam waktu kurang dari empat menit," kata tim di koran, merujuk pada pejabat nama patogen COVID-19.

Para peneliti mengatakan metode mereka menawarkan kecepatan, kemudahan pengoperasian, sensitivitas tinggi dan portabilitas.

Sumber: AFP