Asteroid Tabrak Atmosfer Bumi, Ledakan Mencapai 2000 Ton TNT

- 14 Maret 2022, 10:05 WIB
Ilustrasiasteroid yang akan menabrak atmosfer bumi/PIXABAY/MasterTuX
Ilustrasiasteroid yang akan menabrak atmosfer bumi/PIXABAY/MasterTuX /

MEDIA TULUNGAGUNG - Asteroid Seukuran Kulkas Terdeteksi Kurang dari Dua Jam Sebelum Menabrak Atmosfer Bumi.

Selama akhir pekan, astronom Hungaria Krisztián Sárneczky menemukan 2022 EB5, sebuah asteroid seukuran kulkas yang menghantam atmosfer Bumi tak lama setelah terlihat oleh teleskop Schmidt di Observatorium Piszkéstető Hungaria.

Asteroid kecil—dijuluki 2022 EB5—diproyeksikan telah menyebabkan bola api, atau bintang jatuh, setelah memasuki atmosfer Bumi di utara Islandia, sekitar pukul 21:22 UTC pada 11 Maret.

Baca Juga: Amerika Serikat Tuding China Bersiap Bantu Rusia Serang Ukraina, Diplomat: Situasi Sangat Membingungkan

Baca Juga: Rusia Tak Goyah Atas Gempuran Tekanan Internasional, Moscow Tegaskan Arahnya Terhadap Ukraina

Para ahli memperkirakan bahwa asteroid itu bergerak dengan kecepatan sekitar 11,5 mil per detik (18,5 kilometer per detik), yang, pada ukuran itu, akan menyebabkan asteroid itu menguap selama perjalanannya ke atmosfer Bumi.

Saksi mata di dekat kota Akureyri di Islandia utara mengamati kilatan biru terang di langit, menurut akun media sosial yang dikutip oleh Organisasi Meteor Internasional (IMO).

Jejak api asteroid kecil diidentifikasi oleh astronom Krisztián Sárneczky kurang dari dua jam sebelum berdampak pada atmosfer.

Baca Juga: Makna Ritual Kendi Nusantara, Gubernur Bengkulu Ungkap Arti Simbol Tanah dari Semarak dan Air Danau Dendam

Penemuan Sárneczky adalah asteroid kelima yang terdeteksi tepat sebelum memasuki atmosfer Bumi.

Sumber: Sputnik